Maju Terus Ekspor Sepatu Indonesia

ekspor sepatu indonesiaProdusen sepatu di Cibaduyut, Jawa Barat mengungkapkan keluhan penjualan sepatu mereka. Penjualan sepatu mereka mengalami penurunan hampir sebesar 60 persen. Pengusaha sepatu yang tergabung pada Bina Usaha Angkatan Muda Indonesia Bersatu merasakan penurunan sejak dibuka keran kerja sama ekonomi ASEAN-China Free Trade Agreement bulan Juli tahun 2010.

Ekspor impor produk jadi sepatu antara Indonesia dengan China lebih menguntungkan pihak China. Hal ini berdasarkan data pertumbuhan industri tekstil, barang kulit dan alas kaki yang hanya sebesar 0,04 persen pada kuartal ke-3 tahun 2010. Pada saat bersamaan pertumbuhan total impor China naik mencapai angka 52 persen. Ekspor Indonesia untuk produk jadi sepatu berada di kisaran angka USD 9 juta. Pertumbuhan ekspor Indonesia untuk produk jadi sepatu hanya mencapai angka 8 persen. Ketimpangan angka ekspor impor ini mengancam industri sepatu di dalam negeri.

Secercah harapan bagi produsen sepatu mengawali tahun kelinci ini. Daya beli masyarakat Indonesia mengarah pada perbaikan. Rasa optimis para produsen sepatu bermunculan kembali untuk menggairahkan industri sepatu. Asosiasi Persepatuan Indonesia akan menggenjot produksi sepatu hingga senilai Rp 27 trilyun di tahun 2011 ini. Produksi sebesar itu akan dialokasikan untuk pasar dalam negeri dan luar negeri.

Pelaku usaha berharap pemerintah segera memberlakukan insentif pajak di industri hilir. Insentif pajak berupa tax holiday atau tax allowance akan menarik investor asing. Kegagalan pelaku usaha empat tahun silam diharapkan tidak terulang kembali. Penanam modal asing memilih keluar dari Indonesia karena perusahaan rekanan dalam negeri tidak mampu menjaga standar mutu minimum.

Penanam modal asing yang beroperasi di Indonesia dapat memajukan ekspor sepatu lokal. Terlebih lagi sasaran negara tujuan ekspor sepatu bukan negara China. China mampu membuat perekonomian pada tingkat efisiensi yang tinggi. Infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah China mampu memenuhi kebutuhan para pelaku usaha. Pelaku usaha dari skala yang kecil hingga besar mampu diakomodir oleh kebijakan pemerintah China. Kita dapat belajar dari negara China dalam model perekonomiannya.

Permasalahan birokrasi dan tenaga kerja diharapkan oleh semua stakeholder dapat diselesaikan secara win-win solution. Hal ini perlu dilakukan oleh bangsa ini agar ekspor Indonesia terjadi kemajuan yang signifikan. Ekspor impor produk jadi sepatu Indonesia menjadi surplus kembali. Dengan demikian, maju terus ekspor sepatu Indonesia bukan slogan belaka.

One thought on “Maju Terus Ekspor Sepatu Indonesia

  1. sogy bwz

    salam sejahtera..

    saya adalah pengusaha sepatu bermerk brosberry yaitu buatan tangan/pengrajin,memproduksi sepatu pria dan wanita ingin sekali mengembangkan sepatu saya keluar negri dan bekerja sama dengan negara lain saya memiliki kualitas terbaik dan siap bersaing dengan negara cina baru 6 kota yang meminati sepatu saya karna dari mulut ke mulut,bagaimana cara saya agar bisa ekspor keluar negri adakah jalan untuk saya demi menciptakan hasil anak bangsa dan memajukan perekonomian negara kita

    terima kasih,sogy bwz(081586665421)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>