iPhone di Indonesia: Buatan Mana?

iphone indonesiaTerhitung ada empat varian apple iphone yang diproduksi oleh Apple inc. Tiga varian terakhir dapat dengan mudah dijumpai oleh para konsumen di gerai-gerai telepon seluler. Harga iphone di pasaran Indonesia berkisar antara enam juta rupiah hingga sembilan juta rupiah tergantung variannya. Varian apple iphone yang dijumpai di pasaran Indonesia antara lain iphone 3G, iphone 3GS dan iphone 4. Pemasaran iphone Indonesia menggandeng operator seluler di Indonesia. Harga iphone yang mahal di dalam negeri daripada di negara asalnya disebabkan oleh jaminan perusahaan operator nasional yang menyediakan dukungan sistem operasi aplikasi apple iphone tersebut.

Iphone Indonesia yang dipasarkan oleh perusahaan operator selular nasional berlabel Apple inc. Sejatinya, Apple inc tidak memproduksi seluruh iphone di Amerika Serikat saja. Iphone Indonesia yang mudah dijumpai oleh para konsumen dalam negeri di gerai pusat layanan operator seluler nasional berasal dari pabrikan di Tiongkok. Di Indonesia tidak terdapat pabrik perakitan komponen telepon seluler. Adanya pengenaan bea masuk komponen telepon seluler dan mesin pembuat handset yang mahal tidak menarik untuk iklim investasi telepon seluler 3G ini.

Harga iphone varian 3G dan 3GS tidak berselisih jauh. Kedua varian iphone tersebut dijual dengan harga antara enam juta rupiah hingga tujuh juta rupiah. Sedangkan harga iphone varian terbaru yaitu iphone 4 diberandol dengan harga sembilan juta rupiah. Fitur-fitur yang dibenamkan dalam iphone tersebut sama. Perbedaan fisik pada iphone 4 dengan lainnya yaitu Apple inc membenamkan mikro sim card.

Iphone Indonesia didatangkan dari pabrikan negeri tirai bambu. Bea masuk nol persen barang impor dari China memberikan keuntungan yang bagus bagi para pelaku usaha telepon seluler di dalam negeri. Letak geografis yang relatif dekat dan adanya kerja sama perdagangan internasional ACFTA menguntungkan para pelaku bisnis telepon seluler dalam negeri. Apa yang terjadi pada apple iphone kurang lebih sama dengan produk telepon seluler merek lokal. Handphone produksi pabrikan Tiongkok didatangkan ke Indonesia sesuai dengan pesanan para pelaku usaha bisnis seluler. Para perusahaan telepon seluler dalam negeri menyematkan merek pada handphone pabrikan negara asal panda tersebut. Jadilah handphone merek lokal bertebaran di gerai-gerai telepon seluler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>