Trik Mengimpor Barang

peraturan imporImpor adalah sebuah kegiatan perdagangan yang dilakukan dari luar negeri ke dalam negeri. Dengan metode impor, seorang pedagang dari luar negeri tidak harus datang untuk menjual barangnya ke negara kita. Cukup dengan menggunakan jasa importir dari negara kita barang mereka dapat masuk ke pasar Indonesia. Kebutuhan akan impor disebabkan oleh ketidakmampuan negara dalam memenuhi kebutuhan terhadap salah satu barang.

Saat ini telah banyak barang impor dari luar negeri yang masuk ke Indonesia. Seperti elektronik, baju, ponsel, dan lain-lain. Yang menjadi tren di Indonesia saat ini adalah baju impor. Saat ini pasar Indonesia tengah dipenuhi oleh baju impor dari Korea dan Cina. Karena baju dari negara tersebut memiliki model yang digemari oleh orang Indonesia. Jika Anda pintar dalam membaca peluang, menjadi importir adalah salah pundi uang bagi Anda. Bagi Anda yang tertarik menjadi importir, berikut trik dalam mengimpor barang:

Pertama, ketahui syarat dan dokumen yang harus Anda miliki untuk menjadi importir. Minimal untuk importir dalam jumlah sedikit Anda setidaknya memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak dan dokumen sebagai anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia.

Kedua, ketahuilah peraturan impor yang ditetapkan oleh negara Indonesia. Peraturan impor menyangkut jenis barang yang tidak boleh diimpor. Jenis barang yang tidak boleh diimpor contohnya obat-obatan terlarang dna barang berbahaya lainnya. Selain itu Anda juga harus memahami besarnya pajak yang dikenakan terhadap barang yang akan Anda impor. Besarnya pajak yang harus dibayar sangat penting Anda

ketahui karena diperlukan untuk proses tawar menawar barang dan penetapan harga jual bagi Anda.

Ketiga, lakukan negosiasi secara matang dengan pihak eksportir dari luar negeri. Pastikan semua hal yang berkaitan dengan proses impor telah Anda bicarakan dengan jelas. Pahamilah aturan yang telah Anda buat. Negosiasi menyangkut standar kualitas barang, harga barang, jumlah barang, metode pembayaran, mentode pengiriman, dan sanksi jika ada salah satu pihak yang melanggar perjnajian yang telah Anda tetapkan bersama. Pastikan bahwa perjanjian yang Anda buat bersama telah menyangkut semua hal yang mungkin terjadi.

Sebelum mengimpor barang sebaiknya Anda meminta eksportir tersebut untuk mengirimkan sampel dari barang yang akan Anda impor. Karena terkadang foto barang yang diberikan berbeda dengan kenyataannya. Selain itu jika hanya melalui foto tentu Anda tidak dapat mengetahui secara detail tentang kondisi barang yang akan Anda impor.

Selanjutnya, jangan gegabah dalam mengambil keputusan untuk bekerja sama dengan satu importir. Ada baiknya Anda mencoba menghubungi dan bernegosiasi dengan eksportir lain. Bisa jadi eksportir kedua atau ketiga memberikan penawaran yang lebih menguntungkan Anda.

Terakhir, teliti dalam memilih rekan dalam kerja sama Anda. Bekerjasamalah dengan orang yang dapat dipercaya. Bisnis ekspor-impor adalah salah satu bisnis yang sarat akan penipuan.

One thought on “Trik Mengimpor Barang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>