syarat incoterms 2000

Syarat-Syarat dalam Incoterms 2000

Incoterms yang merupakan singkatan dari international commercial terms ini dikeluarkan oleh salah satu asosiasi perdagangan dunia yaitu International Chamber of Commerce. Incoterms terbaru adalah yang dikeluarkan pada tahun 2000 sehingga sering disebut dengan Incoterms 2000. Incoterms 2000 ini berisikan berbagai istilah yang menjelaskan berbagai syarat ketentuan dalam perdagangan internasional.

Incoterms 2000 ini berlaku secara umum, termasuk dalam peraturan impor serta ekspor. Di dalamnya terdapat tiga belas point syarat ketentuan yang bisa dipakai para pelaku perdagangan internasional. Tujuan Incoterms 2000 ini adalah untuk memberikan kepastian hukum terhadap transaksi serta meningkatkan rasa saling percaya antar mitra bisnis.

Ketigabelas point ini menyangkut berbagai syarat ketentuan pembiayaan, baik itu biaya angkut, biaya yang timbul atas ekspor ataupun biaya yang berkaitan dengan peraturan impor antar negara, biaya ansuransi, cukai dan yang lainnya. Ketiga syarat ketentuan ini adalah:

EXW ( Ex Works), yaitu syarat ketentuan yang mengatur nama tempat pengambilan barang yang ditentukan oleh penjual.

FCA (FREE CARRIER) menyatakan nama tempat penyerahan barang serta syarat peraturan bahwa penjual hanya bertanggungjawab dalam mengurus izin ekspor saja.

FAS ( FREE ALONGSIDE SHIP), menyatakan bahwa penjual hanya bertanggungjawab atas barang sampai di pelabuhan keberangkatan saja.

FOB (FREE ON BOARD), yaitu istilah yang menyatakan syarat ketentuan bahwa penjual bertanggungjawab atas barang sampai di atas kapal serta izin ekspornya. Berlaku untuk transportasi air.

CFR (COST AND FREIGHT), pada syarat ketentuan ini penjual bertanggungjawab terhadap barang sampai kapal yang memuat barang tersebut berangkat dari pelabuhan namun penjual menanggung biaya hingga barang tersebut sampai di tujuan. Berlaku untuk transportasi air.

CIF (COST INSURANCE AND FREIGHT), syarat ketentuan yang berlaku hampir sama dengan CFR dan ditambah biaya asuransi yang juga ditanggung penjual. Berlaku untuk transportasi air.

CPT (CARRIAGE PAID TO), hampir sama dengan CFR hanya saja ketentuan ini berlaku pada tranpsotrasi barang selain transportasi air.

CIP (CARRIAGE AND INSURANCE PAID TO), hampir sama dengan CIF tapi berlaku pada transportasi selain transportasi air.

DAF (DELIVERED AT FRONTIER), istilah ini berarti bahwa semua izin ekspor dilakukan oleh penjual dan penjual bertanggungjawab sampai barang tiba di perbatasan negara tujuan. Peraturan impor berlaku namun hanya dituruti oleh pembeli.

DES (DELIVERED EX SHIP), syarat ketentuan ini hanya berlaku untuk transportasi air dimana penjual bertanggungjawab terhadap barang hingga sampai di pelabuhan tujuan. Izin impor dan segala biaya yang berkaitan dengan peraturan impor ditanggung pembeli.

DEQ (DELIVERED EX QUAY), syarat ini juga hanya berlaku bagi transportasi air dimana penjual bertanggungjawab sampai barang dibongkar dan disimpan di dermaga tujuan. Ijin impor ditanggung pembeli.

DDU (DELIVERED DUTY UNPAID), ketentuan ini berarti bahwa transportasi barang sampai tempat tujuan ditanggung penjual, namun asuransi serta biaya yang timbul dari peraturan impor ditanggung pembeli.

DDP (DELIVERED DUTY PAID), ketentuan ini menyatakan bahwa penjual bertanggungjawab atas biaya transportasi sampai tujuan, ansuransi serta biaya yang timbul akibat peraturan impor.

Ketiga belas peraturan ini hanya akan dipergunakan satu, sesuai dengan kesepakatan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>