Aplikasi Ekspor Online

aplikasi ekspor onlineDalam kegiatan ekspor tentu ada beberapa dokumen yang harus dipenuhi oleh eksportir. Salah satunya adalah Certificate of Origin atau yang sering disingkat menjadi COO. COO merupakan surat keterangan dari negara mana produk tersebut berasal. Dokumen ini dibutuhkan oleh pembeli di luar negeri. Selain harus memiliki COO, barang tersebut harus dilaporkan kepada Departemen Perdangan dan juga bea cukai.

Jika sebelumnya untuk pengurusan COO dan pendaftaran barang dilakukan secara manual di pelabuhan dan memakan waktu yang lama. Saat ini di pelabuhan Kementrian Perdagangan sudah menyediakan aplikasi online yang terkoneksi ke layanan internet. Sehingga prosesnya akan berjalan lebih cepat dibandingkan dengan cara manual yang membutuhkan pemindahan dokumen dari satu meja ke meja lainnya. Aplikasi ekspor online yang terkoneksi ke layanan internet ini diluncurkan oleh Kementrian Perdagangan pada 1 Oktober 2010.

Aplikasi online ini diluncurkan untuk memberikan kemudahan bagi para eksportir dalam pengurusan dokumen ekspor. Sampai saat ini aplikasi online ini baru terdapat di lima wilayah yaitu Tanjungpriok Jakarta, Tanjung Mas Semarang, Tanjung Perak Surabaya, Belawan Medan dan Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Proses pengurusan surat-surat ekspor pada aplikasi ekspor online adalah sebagai berikut ini:

1. Ekportir telah mengemas barang-barang yang akan di ekspor dan membawanya ke pelabuhan terdekat.

2. Eksportir mendaftarkan barangnya ke bagian bea cukai dengan menunjukkan beberapa dokumen seperti izin perusahaan, izin ekspor, dan memberikan penjelasan mengenai jenis barang, jumlah barang, alamat tujuan pengiriman, daerah asal pengiriman, harga barang yang akan dikirim baik itu per satuan dan secara keseluruhan.

3. Petugas akan melakukan pengecekan terhadap barang tersebut. Jika barang tersebut telah dipastikan sesuai dan memenuhi syarat maka pertugas akan mendaftarkan barang tersebut secara online. Secara real time data tersebut masuk ke pusat, dan dokumen Certificate of Origin atau COO dapat langsung dicetak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>