Pentingnya Pemasaran via Internet untuk Industri Kecil

internet bagi industri kecilSaat ini persaingan perdagangan ekspor impor yang dihadapi oleh pelaku ekonomi sangat ketat. Industri kecil harus menghadapi persaingan pasar bebas. Industri kecil yang memproduksi kerajinan lokal tidak dapat mengikuti jejak industri besar dalam strategi pemasaran. Alokasi biaya pemasaran yang dimiliki oleh industri kecil terbatas. Oleh karena itu, penggunaan biaya harus efektif dan efesien. Agar produk industri kecil dapat menjangkau pasar ekspor impor mereka melirik media internet. Pemasaran menggunakan media internet terkenal dengan sebutan internet marketing.

Internet marketing dapat menjangkau pasar dalam negeri dan luar negeri. Publik dengan mudah mengetahui produk lokal selama terdapat jaringan internet. Bagi produsen, manfaat yang dapat diambil dari internet yaitu menjaring calon konsumen, transaksi keuangan dan pengiriman barang.

Proses ekspor impor dapat berjalan cepat, mudah dan tepat sasaran. Informasi mengenai calon konsumen dapat diketahui dengan cepat. Para calon konsumen biasanya tergabung dalam milis. Anggota milis sering berdiskusi tentang produk tertentu. Hasil diskusi ini memudahkan produsen tahu produk seperti apa yang sedang diminati.

Selain dengan milis, industri kecil dan calon konsumen dapat memakai chatting atau teleconference. Produsen dapat memperlihatkan produk secara langsung pada calon konsumen. Chatting atau teleconference dilengkapi oleh gambar yang real time. Interaksi dua arah antara calon konsumen dan produsen mempermudah proses transaksi ekspor impor.

Pemasaran via internet dapat menggunakan jejaring sosial. Jejaring sosial mampu mengumpulkan calon konsumen yang banyak. Kumpulan orang yang berada di jejaring sosial biasanya tersegmentasi. Mereka dapat berperan penting sebagai duta pemasaran produk lokal. Mereka terhubung satu sama lain sangat banyak. Jangan pernah sekali-kali produsen merugikan mereka. Nama baik perusahaan berada di tangan mereka. Di dunia nyata mereka seperti mempromosikan produk dari mulut ke mulut.

Situs pribadi atau blog dapat digunakan oleh marketer untuk pemasaran via internet. Gambar foto atau artikel produk yang diproduksi oleh produsen dapat di-upload ke dalam situs pribadi atau blog. Semakin sering memuat gambar atau artikel semakin mudah menjaring calon pelanggan. Mesin-mesin pencari informasi akan memprioritaskan situs atau blog yang selalu update. Para peselancar internet akan dengan mudah mendapatkan informasi produk lokal. Pemasaran lewat blog sudah banyak digunakan oleh industri kecil.

Industri kecil yang memproduksi kerajinan tradisional dapat memasang iklan di internet. Situs-situs portal raksasa menyediakan layanan iklan ini. Iklan dapat berupa bentuk kata (word), banner, link dan feed. Iklan-iklan ini hanya mempromosikan suatu produk saja. Iklan ini bersifat satu arah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>