Trik Membuka Pasar Luar Negeri

pasar luar negeriBisnis di dunia bukan lagi sebuah hal yang hanya terbatas pada satu lokasi saja. Menyambut era globalisasi, tentu kita harus merombak pola pikir kita sendiri sebagai pelaku bisnis dan sebagai bagian tak terpisahkan dari komunitas bisnis dunia. Apa yang harus kita lakukan untuk membuka pasar di luar negeri sehingga bisnis kita benar-benar bisa menjadi bagian dari pasar global? Ada beberapa trik yang harus kita tempuh untuk membuka pasar di luar negeri.

1. Produk yang dipunyai haruslah produk yang benar-benar unik dan menarik. Ketertarikan akan kekhasan dari produk tersebut akan membuat pasar terbuka dengan sendirinya.

2. Menggiatkan segala jenis promosi secara efektif akan membuka pasar baru di tempat yang baru. Salah satu media promosi paling efektif adalah berperan aktif dalam pameran-pameran di manca negara. Pengusaha dapat memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh kedutaan di negara tujuan. Kedutaan tersebut biasanya rutin menyelenggarakan pameran tentang kebudayaan tanah air, termasuk dengan produk-produk ekspor andalan. Kesempatan ini sangat baik untuk membuka pasar di luar negeri.

3. Jika Anda memiliki anggaran promosi yang cukup besar, ada beberapa agenda promosi yang cukup menarik untuk dilakukan. Bekerja sama dengan banyak pihak adalah salah satu cara promosi yang sangat efektif. Sebagai contoh, Anda bisa mencoba bekerja sama dengan hotel-hotel di kawasan wisata untuk memamerkan produk Anda. Pengusaha furnitur lokal biasa meng-endorse hotel-hotel tersebut dengan memberikan diskon khusus untuk pembelian furnitur pada mereka hingga 60 persen dari harga jual normal. Tentu saja, imbal baliknya adalah pihak hotel memampangkan logo sponsorship dari pengusaha tersebut. Wisatawan manca negara yang datang akan melihat dan merasakan sendiri kegunaan dan kenyamanan serta keindahan dari furnitur produksi mereka. Barang ekspor dengan kualitas bagus tentu akan sangat mudah menarik minat konsumen manca negara. Dengan adanya keterangan tentang produsen dari pihak hotel, para turis tersebut akan dapat dengan mudah menghubungi Anda.

4. Di negara tujuan ekspor, biasanya ada toko-toko khusus yang menjual produk-produk impor yang digemari di negeri tersebut. Sebagai pengusaha yang menjual barang ekspor, aktif berhubungan dengan toko-toko khusus tersebut akan membuat jaringan Anda lebih luas lagi. Imbasnya, produk Anda makin terdengar dan para peminat akan berlomba-lomba meminang Anda sebagai partner mereka.

5. Pastikan bahwa barang ekspor yang Anda promosikan adalah barang ekspor dengan kualitas terjamin. Konsumen luar negeri sangat teliti pada kualitas. Mereka jauh lebih sensitif terhadap kualitas produk dibanding dengan konsumen lokal. Barang cacat karena kesalahan produksi lebih baik ditinggalkan daripada mengambil resiko kehilangan konsumen atau konsumen tidak mau membayar karena menganggap Anda ingkar janji.

6. Sebagai ekportir, pahami prosedur ekspor dengan benar. Anda harus mengerti benar prosedur ekspor yang harus ditempuh oleh produk Anda. Hal ini berkaitan dengan lama pengiriman barang hingga sampai ke negara tujuan. Jika produk Anda adalah produk yang mudah busuk seperti makanan, mengetahui prosedur ekspor secara benar dan lengkap akan membantu Anda mencegah kerusakan produk karena kesalahan estimasi waktu pengiriman. Pemahaman akan prosedur ekpor juga menghindarkan kemungkinan kesalah pahaman dengan pihak importir hingga tidak berimbas negatif pada hubungan bisnis di masa depan. Sekali lagi, pihak importir biasanya sangat ketat memberlakukan segala peraturan impor mereka. Kesalahan memahami prosedur ekspor ke negara tersebut hanya akan merugikan diri kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>